Pages

sujat alihamzah. Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 20 Oktober 2011

Kompetensi Profesi Keguruan



A.Definisi kompetensi
Menurut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional no 045/4/2002 kompetensi diartikan sebagai seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk di anggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas tugas sesuai dengan pekerjaan tertentu.
Kompetensi guru juga dapat di artikan sebagai kebulatan pengetahuan ketrampilan dan sikap yang di wujudkan dalam benyuk perangkat tindakan cerdas,dan penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang guru untuk memangku jabatan guru sebagai profesi. Jadi dapat kita simpulkan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan,ketrampilan, yang dimiliki oleh guru ataupun dosen dalam melaksanakan keprofesianya.
Menurut PP RI No 19 tahun 2005 pasal 28,pendidik adalah pendidik adalah agen pembelajaran yang harus memiliki empat jenis kompetensi yakni kompetensi pedagogik,kepribadian profesional dan sosial.

Jenis kompetensi
pengertian
implementasi
1.Kompetensi Pedagogik
kemampuan mengolah pembelajaran peserta didik, perencana, pelaksanaan,evaluasi hasil belajar dan perkembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimilikinya.
Merancang strategi pembelajaran, kompetensi, melaksanakan pembelajaran memngembangkan aspek potensi peserta didik, mengembangkan kurikulum yang mendorong ketrampilan peserta didik dalam pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran
2.Kompetensi kepribadian
Kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, bersikap dewasa arif dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didik.
Menaati norma hukum dan sosial yang ada,memiliki etos kerja yang tinggi,dapat di jadikan teladan.
3. Kompetensi profesional
Kemampuan pendidik terhadap penguasaan materi pembelajaran untuk memimbing peserta didik dalam memenuhi standar kompetensi.
Konsep pemahaman materi,struktur, konsep dan methode pembelajaran, dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari hari.
4. Kompetensi sosial
Kemampuan pendidik menjadi bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik, sesama pendidik orang tua /wali dan lingkungan sekitar
Kooperatif, empati dan suka menolong, mempunyai rasa sosial, mampu berkomunikasi dan bergaul dengan peserta didik dan masyarakat

B.Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran dan kecakapan yang memenuhi standar mutu tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Cara penilaian / penguasaan kompetensi:
·         Kompetensi pedagogik     : tertulis kinerja,porto folio, penilaian siswa, self appraisal.
·         Kompetensi kepribadian   : kinerja, penilaian sejawat.
·         Kompetensi sosial             : kinerja, self apprasial, portofolio
·         Kompetensi profesional    : tertulis, kinerja, penilaian siswa.


Keterangan:
1.)    Penilaian tertulis               :  tes yang menuntut peserta didik berupa jawaban yang berbentuk bahasa dan berisi kata-kata atu kalimat secara terulis.
  •      Penilaian tertulis dibagi menjadi dua ;
  1.           Tes objectif     : pilihan ganda, isian,melengkapi jawaban yang benar atau salah.
  2.     Tes subjectif    : membuat karangan atau makalah yang dapat menunjukan kemampuan peserta didik, dan menerapkan pengetahuan menganalisis,mengevaluasi informasi faktual.
2.)    Penilaian portofolio          : Kumpulan berkas atau dokumen yang dapat memberikan informasi bagi suatu penilaian kinerja yang objectif berkas dokumen tersebut berupa hasil pekerjaan peserta didik atau informasi lain yang terkait dengan kompetensi tertentu.
3.)    Penilaian kerja                  : alat penilaian kemampuan guru(APKG) meliputi

ü  Penilaian program kegiatan belajar mengajar (RPP)
ü  Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
ü  Evaluasi
4.)    Penilaian self                    : Penilaian dengan teknik yang meminta peserta didik untuk menilai dirinya sendiri berkaiatan dengan proses dan tingkat pencapaian kopetansi yang di pelajarinya.

0 komentar:

Poskan Komentar